Melihat Megahnya 9 Masjid Terbesar di Indonesia

Sebagai salah satu negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, tidak mengherankan bahwa ada banyak masjid terkenal di seluruh nusantara. Masjid-masjid di Indonesia tidak hanya hebat karena penampilan arsitekturnya, tetapi juga sangat besar.

Masjid terbesar di Indonesia

1. Masjid Istiqlal

 Lokasi: Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps.Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710

Dengan kapasitas hingga 200.000 orang percaya, Masjid Istiqlal tidak hanya masjid terbesar di Indonesia, tetapi juga masjid terbesar di Asia Tenggara. Dengan luas 95.000 m2, masjid yang pembangunannya diprakarsai oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno selesai dibangun pada tahun 1978 dan masih merupakan masjid terbesar di Indonesia.

Melihat Megahnya 9 Masjid Terbesar di Indonesia

Nama “Istiqlal” itu sendiri berarti “kemerdekaan”, yang tampaknya sesuai dengan ukuran bangunan. Sehubungan dengan Gereja Katerdral, masjid terbesar di Indonesia juga merupakan simbol toleransi di antara komunitas agama.

2. Masjid Nasional Al Akbar

Lokasi: Jl. Tim masjid yang luar biasa. 1, Pagesangan, Kec. Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60233

Masjid terbesar berikutnya di Indonesia adalah Masjid Nasional Al-Akbar, yang dikenal sebagai Masjid Agung Surabaya. Dengan luas 18.000 m2, masjid megah dengan kubah kehijauan ini dapat menampung hingga 59.000 orang percaya. Besar dan besar, bukan?

Jika Anda mengunjungi masjid megah dan terbesar di Indonesia ini, Anda juga dapat memanjat puncak menara dan menikmati panorama Surabaya yang indah dari ketinggian.

3. Islamic Center Samarinda

Lokasi: Jl. Slamet Riyadi No. 1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kukung, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75126

Di Samarinda Anda akan menemukan bangunan masjid serta pusat pendidikan Islam yang sangat megah dan besar. Dengan luas bangunan 43.500 m2, salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia dapat menampung hingga 40.000 orang percaya.

Masjid megah ini berdiri megah dengan arsitektur khas Timur Tengah dengan detail desain yang menawan di sebelah Sungai Mahakan dan berkontribusi terhadap keindahannya. Jual Kubah Masjid

4. Masjid Agung Baiturrahman

Masjid Agung Baiturrahman tidak hanya megah dan besar, tetapi juga salah satu masjid bersejarah di Indonesia. Bangunan masjid megah yang berdiri saat ini dibangun pada tahun 1881 dan dapat menampung orang-orang yang beriman hingga 30.000 orang. Ini menjadikannya salah satu masjid terbesar di Indonesia dan tenda terbesar di Aceh.

5. Masjid Kubah Mas Depok

Lokasi: Meruyung, Kec. Sedan, Kota Depok, Jawa Barat

Terkenal dengan julukan Masjid Kubah Emas, masjid terbesar di Indonesia ini sekarang memiliki nama resmi Masjid Dian Al Mahri. Namun, kubah emas membuatnya lebih populer dengan nama masjid kubah emas.

Tidak hanya desainnya yang sangat menawan, salah satu masjid terbesar di Indonesia dapat menghubungkan jemaah haji hingga mencapai 20.000 orang. Tak heran masjid kemudian menjadi salah satu landmark paling terkenal di Depok.

6. Masjid Agung Makassar

Lokasi: Gaddong, Jl. Masjid Raya, Bontoala, Kec. Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90156

Masjid terbesar berikutnya di Indonesia adalah Masjid Agung Makassar, yang dibangun antara tahun 1948 dan 1949. Masjid megah ini dapat menampung hingga 60.000 orang percaya dan tidak hanya luas, tetapi juga memiliki bangunan arsitektur yang sangat indah dengan dominan hijau.

Satu hal menarik yang dapat Anda temukan ketika Anda mampir ke masjid terbesar di Indonesia adalah keberadaan raksasa Al Quran 1 x 1,5 meter dengan berat 584 kg!

7. Masjid At-Tin di Jakarta

Lokasi: Jl. Taman Mini I No. 3, RW.3, Pinang Ranti, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13560

Masjid At-Tin di Jakarta terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah dan tidak hanya salah satu masjid terbesar di Indonesia, tetapi juga memiliki arsitektur yang unik dan hebat.

Salah satu masjid terbesar dan terindah di Indonesia, yang dapat menampung hingga 10.000 orang percaya, dibangun oleh cucu-cucu Presiden Republik Indonesia kedua, Suharto, untuk memperingati pengabdian Tien pada saat Suharto berada di Kantor adalah, wanita pertama.

Taman Mini Indonesia sendiri dibangun atas prakarsa Ibu Tiem ketika ia menjadi ibu negara.

8. Masjid Rahmatan Lil-Alamin Indramayu

Lokasi: Mekarjaya, Rancasari, Mekarjaya, Kec. Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 45264

Masjid Rahmatan Lil-Alamin di Indramayu dapat menampung hingga 100.000 orang percaya dan telah menjadi salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia! Universitas Al-Zaytun, yang merupakan tujuan pendidikan untuk mempelajari Alquran dan Islam, juga dibangun di dalam kompleks masjid dengan ketinggian hingga 6 lantai.

Desain bangunan Masjid Rahmatan Lil-Alamin tidak hanya besar dan megah, tetapi juga sangat unik dan ikon.

9. Masjid Agung Al Mashun di Sumatera Utara

Lokasi: Jl. Sisingamangaraja No. 61, Mosque, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara 20156

Masjid terbesar berikutnya di Indonesia adalah di Medan dan merupakan salah satu masjid tua yang dibangun pada tahun 1906. Tidak heran jika sejarah panjang disimpan di balik bangunan megah Masjid Al-Mashun, juga dikenal sebagai Masjid Agung Medan.

Masjid Agung Al-Mashun dibangun di atas tanah seluas 18.000 meter dan layak menjadi salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia.

Masjid adalah tempat ibadah bagi umat Islam. Sekarang itu terkait dengan kubah masjid untuk berbicara tentang masjid. Seperti yang bisa kita lihat, kubah adalah ciri khas bangunan masjid.

Kita bisa mengetahui bangunan atau tempat di mana itu adalah masjid dari kubah. Nah, karena itu adalah ciri khas bangunan masjid, di mana pun kita berada, ketika kita mencari masjid, kita dapat menemukannya di luar kubah.

Tidak semua masjid di Indonesia memiliki kubah masjid. Nah, karena Indonesia memiliki budaya dan budaya yang berbeda di setiap desa, ada juga banyak masjid yang tidak memiliki kubah, karena ini adalah ciri khas masjid khas nusantara yang merupakan peninggalan para santa kuno.

Tetapi beberapa orang yang membangun kubah masjid diwajibkan karena mereka adalah simbol dari bangunan masjid. Karena masjid yang dibangun dengan atap (kubah masjid), dapat menjadi referensi bagi para pelancong sebelumnya untuk pergi ke tempat ibadah (masjid).

Kubah masjid bukan hanya simbol atau fitur bangunan masjid, tetapi kubah masjid juga merupakan bentuk ukuran atau keindahan masjid.

Nah, dari kubah masjid kita bisa jadi hebat dan cantik dari masjid. Masjid tidak hanya memperindah bangunan sebuah masjid, tetapi juga bertindak sebagai tanda arah kiblat dari luar dan sebagai reflektor.

Masjid dengan kubah masjid semakin terang. Karena di bagian luar kubah masjid, reflektor cahaya digunakan untuk menerangi bagian dalam bangunan itu sendiri.

Dalam artikel ini, kami sekarang akan berbagi informasi untuk pembaca setia kompasiana.com tentang jenis-jenis kubah masjid. Oke, lanjutkan untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *