Jenis-Jenis Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai nama yang sangat populer,bahkan di hampir seluruh penjuru dunia. Terbukti, buah ini digemari berbagai macam elemen dari macam-macam, kalangan usia. 

Setidaknya sekarang ini terdapat bermacam-macam varian dari buah alpukat ini,nah salah satunya akan kami ulas di artikel ini.

ALPUKAT MARKUS

Alpukat markus merupakan varietas alpukat dengan ukuran yang sangat besar,bahkan dapat melampaui berat hingga 600 hingga 2000 gram,diameter buah ini juga cukup lebar yakni berkisar 6,5 sampai 10,5 cm. Untuk rasa alpukat jenis markus ini tidak berbeda dengan alpukat pada umumnya. Tanaman ini dapat tumbuh pada sekitaran suhu 14 – 30 derajat celcius dan juga dapat di perbanyak dengan cara okulasi,tanaman alpukat markus ini ternyata dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian maksimal mencapai 1500 mdpl. Berikut ini adalah klasifikasi tanaman alpukat markus

Jenis-Jenis Buah Alpukat

Nama Ilmiah : Persea americana

Asal Bibit : okulasi

Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah sampai dataran tinggi

Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari

Masa Produktif : berbuah dalam 3 – 5 tahun

Baca Juga: Fakta Unik Tanaman Cabai rawit

Buah bisa dimakan : dapat dimakan langsung

Ukuran Pot Minimal : diameter lebih dari 60cm

Media Tanam : tanah dan humus

Penyiraman : sehari 2x

Ukuran Tanaman Saat Ini : 50 cm

Tinggi Tanaman  : tinggi bisa lebih dari 5 meter, akan tetapi bisa di perpendek kan dengan rutin untuk pemangkasan

Pemupukan : sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun

ALPUKAT MIKI

Mendengar kata miki sepertinya sangat identik dengan sesuatu yang berukuran imut dan juga unyu-unyu. Ya, alpukat jenis miki merupakan jenis buah alpukat dengan beragam ke unggulan yang menjadi primadona di Indonesia alpukat ini berasal dari Amerika Tengah varietas aplukat miki ini berbeda dari dari aplukat jenis lain,aplukat miki ini akan panen pada usia 3-4 tahun dan bahkan, alpukat miki ini kerap dikenal sebagai tanaman yang genjah atau sangat mudah untuk berbuah selain itu alpukat miki ini banyak mempunyai keunggulan yaitu cepat berbuah , alpukat miki ini juga tahan terhadap serangan hama seperti ulat. Alpukat jenis miki ini banyak memiliki tekstur daging buah yang lembut, tebal dan tanpa serat serta memiliki rasa yang manis, gurih, pulen dan bebas getir.

Tanaman alpukat miki ini sangat cocok di tanam di area perkebunan atau bisa juga di tanam di dekat pekarangan rumah. 

Alpukat jenis miki ini merupakan varietas alpukat  yang unggul yang dapat di tanam di area dataran rendah dan juga bisa tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian mencapai 1500 mdpl yang bersuhu 15-30 derajat celcius, curah hujan 5-8 bulan basah tanaman alpukat miki ini menyukai tanah yang berpasir, atau tanah liat dan agak bersifat seperti tanah lempung dengan unsur hara dan kandungan organiknya yang tinggi serta gembur.

ALPUKAT JUMBO

Alpukat jumbo merupakan varietas yang unggul di banding dengan jenis alpukat pada umunya ,alpukat jumbo ini memiliki bentuk buah yang menggelembung di bagian bawah buah dan juga memiliki ukuran yang cukup besar,rasa aplukat jumbo ini hampir mirip dengan alpukat jenis markus dan tentunya alpukat jumbo ini telah menjadi idaman bagi lidah Anda, sebab tekstur yang lembut akan memanjakan lidah Anda. Ukuran alpukat jumbo ini bisa mencapai berat 300 hingga 450 gram atau seukuran telapak tangan pria dewasa, tak salah bila sebagian besar masyarakat berlomba untuk mendapatkan buah maupun berbudidaya benih aplukat jumbo ini. Alpukat Jumbo dapat memunculkan bunga di awal musim penghujan atau biasa di bulan Desember, Januari, atau pun Febuari namun ada juga di sebagian negara yang memiliki kondisi alam yang subur, Alpukat Jumbo dapat berbuah tanpa mengenal musim sekali pun. 

ALPUKAT MENTEGA

Sebagai salah satu negara tropis, Indonesia mempunyai beragam kekayaan alam termasuk jenis buah-buahan salah satunya adalah buah alpukat buah alpukat ini cukup populer baik di dalam negeri maupun di luar negeri buah alpukat ini kerap sekali dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan minuman segar maupun berbagai produk kosmetik kecantikan lainya. Buah alpukat ini banyak memiliki beragam varietas, tetapi yang paling banyak digemari adalah jenis alpukat mentega.

Keunggulan Alpukat Mentega

Alpukat mentega merupakan varietas unggul di bandingkan dengan jenis alpukat biasa, Alpukat mentega ini memiliki warna dan daging buah yang cenderung kunin pekatg seperti halnya warna pada mentega, hal inilah yang menjadikan dasar penamaan varietas alpukat ini dengan sebutan alpukat mentega kelebihan jenis Alpukat Mentega ini antara lain cocok di tanam di area dataran rendah. Selain itu tanaman alpukat ini juga tidak disukai ulat karena di dalam buah alpukat banyak mengandung senyawa dan enzim antiprotease dengan adanya enzim tersebut, maka di pastikan ulat tidak akan bisa mengurai protein yang dibutuhkan untuk proses  perkembang biakan padahal pada tanaman alpukat jenis lain sangat mudah sekali terserang hama ulat. Beberapa keunggulan lainnya diantaranya adalah :

  1. Alpukat mentega dikenal sebagai alpukat yang berbuah di sepanjang tahun tanpa mengenal musim bahkan jenis alpukat mentega ini bisa di panen hingga 2-3 kali dalam setahun.
  2. Buah Alpukat mentega memiliki daging buah yang lebih tebal dan juga tidak memiliki serat seperti pada alpukat biasa yang sering kita temui.
  3. Alpukat mentega memiliki rasa daging buah yang kenyal dan dominan berasa gurih, sehingga rasa buah ini tetap nikmat jika di konsumsi langsung atau di buat sebagai minuman seperti jus dan akan tetap manis meski tanpa campuran gula sekalipun.
  4. Pohon alpukat mentega cenderung bebas dari hama pemakan daun dan buah dari semenjak berbunga hingga menjadi buah. Hal ini karena ulat pemakan daun dan buah yang menjadi hama tidak menyukai alpukat mentega. Dibanding alpukat biasa yang baru bisa mulai berbuah pada usia 6-8 tahun, Alpukat mentega membutuhkan waktu berbuah yang lebih singkat. Alpukat mentega sudah mulai berbuah saat memasuki usia 3-4 tahun setelah ditanam.
  5. Pohon alpukat mentega juga merupakan tanaman yang adaptif terhadap semua lingkungan, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman Buah ini bisa di tanam di pekarangan rumah, taman, pinggir jalan bahkan pohon alpukat mentega dapat tumbuh dengan baik di tanah yang basah sekalipun.

Berbicara alpukat tak lengkap kalau tidak beserta manfaat yang banyak dari buah satu ini,berikut adalah manfaat yang ada di buah alpukat.

Menangkal Risiko Jantung

Nutrisi yang terkandung di dalam alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung kandungan semacam potasium dan lutein serta antioksidan yang kuat termuat pada buah alpukat yang dikenal ramah buat kesehatan organ jantung, dan sangat ampuh dalam menangkal risiko penyakit jantung hingga menangkal risiko penyakit organ dalam lainnya. 

Mencegah Obesitas

Buah alpukat adalah buah yang banyak mengandung lemak yang cukup tinggi. Namun jangan khawatir, karena lemak yang terkandung di dalam buah alpukat ini tergolong lemak sehat dengan rutin mengkonsumsi buah alpukat sebagai menu makan siang atau makan malam akan membantu anda memiliki berat badan secara ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *